Profil

Poltekkes Permata Indonesia sebagai salah satu Perguruan Tinggi yang ada di Yogyakarta juha mempunyai tugas dalam pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Program Studi D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan merupakan salah satu prodi unggulan di Poltekkes Permata Indonesia. Memiliki kurikulum yang disusun secara profesional yang mengacu pada Kemendiknas, Kemendikbud serta organisasi rekam medis di Indonesia, sehingga Prodi D-III Rekam Medis dan Informasi Kesehatan memiliki keunggulan di bidangnya.

Program Studi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan adalah perguruan tinggi kesehatan yang melaksanakan tri dharma perguruan tinggi dengan memperhatikan hak atas kekayaan intelektual dan otonomi keilmuan bagi dosen dan mahasiswa. Sepanjang dalam koridor keilmiahan dan tidak bertentangan dengan etika dan norma hukum, moral dan agama, dosen dan mahasiswa diberikan kebebasan untuk menyuarakan dan mengembangkan keilmuan, khususnya yang berkaitan dengan bidangnya.

Otonomi keilmuan,

Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan sangat memberikan keleluasaan kepada dosen baik tetap maupun tidak tetap untuk melakukan pengembangan keilmuan yang berkaiyan langsung dengan matakuliah yang diajarkan para dosen. Program Studi juga menganjurkan agar setiap dosen melakukan penelitian dan mengabdikan pada masyarakat baik itu dilakukan dilingkungan kampus maupun di luar kampus.

Kebebasan Akademik,

Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan memberikan kebebasan akademik bagi civitas akademika untuk melakukan berbagai kegiatan. Selain itu, kebebasan akademik baik doesen tetap dan tidak tetap maupun mahasiswa sangat terlihat sekali dalam acara rapat-rapat maupun dalam rapat senat perguruan tinggi dalam memberikan saran dan pendapat dalam rangka pengembangan dan perbaikan yang harus dilakukan oleh program studi untuk meningkatkan kualitas belajar mengajar.

Kebebasan mimbar akademik,

Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan dalam hal kebebasan mimbar akademik selalu menyelenggarakan berbagai kegiatan ilmiah seperti seminar, workshop dna brebagai pelatihan serta berbagai kegiatan lainnya dalam rangka mewujudkan tri dharma perguruan tinggi. Kegiatan-kegiatan tersebut pada umumnya dilaksanakan oleh dosen, mahasiswa pada saat tahun ajaran baru, termasuk pedoman penilaian hasil kerja mahasiswa, komplain dapat dilakukan oleh mahasiswa apabila tidak ada kesesuaian dengan hasil yang dicapai oleh mahasiswa.

Sarana Prasarana

Dalam proses pembelajaran dibutuhkan sarana prasarana yang mendukung untuk terciptanya kegiatan belajar mengajar yang tertib dan nyaman bagi dosen serta mahasiswa, sehingga pada akhirnya dapat mengoptimalkan proses pembelajaran yang sedang berlangsung untuk dapat mengembangkan dan mengingkatkan kualitas proses belajar mengajar.

Prasarana yang ada di Prodi Rekam Medis dan Informasi Kesehatan Poltekkes Permata Indonesia meliputi:

  1. Ruang kantor
  2. Ruang kelas
  3. Laboratorium rekam medis
  4. Laboratorium Komputer
  5. Perpustakaan
  6. Ruang sidang
  7. Ruang kerja dosen tetap

Adapula prasarana penunjang yang dapat diakses yaitu:

  1. Lapangan olah raga
  2. Ruang himpunan mahasiswa
  3. Ruang tunggu
  4. Ruang bersama

Peralatan sarana pembelajaran yang dimiliki antara lain desktop dan LCD proyektor dan layarnya, white board, Air Conditioner, penerangan yang cukup, dan kebersihan ruangan kelas yang selalu terjaga agar diharapkan dapat menignkatkan kualitas kegiatan belajar dan mengajar.

Perpustakaan berada di tingkat Poltekkes. Unit perpustakaan dilengkapi dengan perpustakaan digital yang bisa diakses oleh mahasiswa. Selain itu, dilengkapi pula dengan kolekdi buku dan jurnal yang lengkap dengan pelayanan yang memadai. Jumlah mahasiswa yang mengunjungi perpustakaan untuk membaca ataupum meminjam buku semakin meningkat. Hal ini menunjukkan semangat akademik mahasiswa yang tinggi dan positif.

Internet disediakan setiap hari menjadi fasilitas yang juga menunjang interaksi akademik dan sivitas akademika. Para mahasiswa dapat mengakses website maupun fasilitas kampus sehingga dapat mengetahui segala aktivitas dan kegiatan yang akan dan sedang diselenggarakan di dalam kampus. Selain itu melalui internet yang disediakan mahasiswa juga dapat memperoleh akses untuk selalu memperbaharui pengetahuannya dan mencari kajian-kajian pustaka serta penelitian yang lebih luas dan banyak.