Profil

permata indonesia

Pendahuluan

Pogram Studi DIII Kebidanan adalah jurusan yang banyak diminati, lulusannya saat ini dibutuhkan di berbagai Instansi Kesehatan seperti RS baik di Jawa atau luar Jawa serta BPS di berbagai wilayah. Prodi DIII Kebidanan mempunyai perbandingan teori dengan praktik yaitu 40% : 60 %, jadi lulusannya sudah siap untuk bekerja karena lebih menekankan pada praktik.Walaupun banyak Prodi DIII Kebidanan yang lain, tetapi lulusan kami dapat bersaing untuk mendapatkan lapangan pekerjaan.

Lama Masa Studi

Pendidikan Ahli Madya Kebidanan ditempuh minimal 6 semester & maksimal 10 semester. Selama masa studi, mahasiswa menempuh 120 SKS mata kuliah inti dan 10 SKS muatan lokal. Selama studi dapat mengambil cuti maksimal 4 semester dengan syarat membuat surat pengajuan permohonan cuti.

Pengajar

Tenaga pengajar meliputi dosen ahli dari UGM, Dokter Ahli Kebidanan dan Kandungan, serta Bidan yang telah berpengalaman yang memiliki kompetensi dan sertifikasi.

Fasilitas Pembelajaran

Perkuliahan diselenggarakan di ruang kuliah dilengkapi OHP dan LCD, dengan didukung laboratorium dan perpustakaan yang telah sesuai SK Menteri Kesehatan RI Nomor 1192/ MENKES/ PER/ X/ 2004 tentang Pendirian Pendidikan Diploma Bidang Kesehatan. Dilengkapi dengan laboratorium, seperti :

1. Lab ANC (Antenatal Care)

2. Lab INC (Intranatal Care)

3. Lab PNC (Postnatal Care)

4. Lab BBL (Bayi Baru Lahir)

5. Lab Balita

6. Lab Kesehatan Reproduksi

7. Lab KB (Keluarga Berencana)

8. Lab KDPK (Ketrampilan Dasar Praktik Klinik)

9. Lab Mikrobiologi

Ijazah dan Izin Profesi

Lulusan POLTEKKES Permata Indonesia, institusi yang menyelenggarakan pendidikan kesehatan yang mengikuti pembinaan Dinas Kesehatan Propinsi (atas nama Departemen Kesehatan RI). Ijazah dikeluarkan oleh POLTEKKES Permata Indonesia dengan pengesahanan dari  Direktur Poltekes Permata Indonesia

Selain itu lulusan juga mendapatkan sertifikat Kompetensi berupa Sertifikat Kompetensi Bidan yang dikeluarkan oleh Organisasi Profesi IBI DIY.

Penelitian

Untuk mendukung peningkatan dan pengembangan kualitas pembelajaran dan melaksanakan Tri Dharma Bhakti Perguruan Tinggi, penelitian merupakan keharusan untuk dilaksanakan baik oleh dosen maupun mahasiswa. Kegiatan penelitian selain untuk kepentingan institusi sendiri juga dapat digunakan untuk membantu pengembangan masyarakat dan untuk kepentingan kerjasama dengan institusi lain/ kemitraan baik pemerintah maupun swasta. Untuk itu struktur organisasi POLTEKKES Permata Indonesia telah dilengkapi dengan unit kerja sendiri yakni Badan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Para Dosen dan mahasiswa diberikan kesempatan mengadakan penelitian yang berkaitan dengan program studi kebidanan maupun bidang pelayanan kesehatan yang didukung biaya akademik, atau biaya lainnya dari program pemerintah dan swasta.

Pengabdian Kepada Masyarakat

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan pokok di luar pembelajaran di dalam kelas yang harus dilaksanakan baik oleh para dosen maupun mahasiswa.Pengabdian kepada masyarakat dimaksudkan untuk mendekatkan diri POLTEKKES Permata Indonesia kepada masyarakat baik dilingkungan kampus maupun masyarakat yang lain. selain itu untuk mendharmabaktikan profesi terhadap upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat dalam rangka mewujudkan Indonesia Sehat Tahun 2010. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang akan dilaksanakan:

Penyuluhan tentang (contoh untuk kebidanan):

– Kesehatan reproduksi

– gizi keluarga

– pencegahan penyakit kelamin

– penanggulangan penggunaan obat dan narkotika

– kesehatan ibu dan anak balita

– menopause

– keluarga berencana

– dan lain yang diperlukan masyarakat

  1. Pemeriksaan ibu hamil
  2. Pemberian obat dan makanan tambahan untuk balita
  3. Pemeriksaan Kesehatan lanjut usia
  4. Menyelenggarakan lomba balita sehat
  5. Konsultasi dan bimbingan keluarga sehat
  6. Bakti sosial
  7. Donor Darah

Praktek Lapangan

Praktek lapangan di masyarakat untuk memperdalam keahlian serta mendukung profesi bidan. Praktek lapangan difokuskan pada upaya peningkatan kesehatan masyarakat khususnya kesehatan ibu, anak dan keluarga. Adapun wilayah praktek lapangan mencakup wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa atau daerah lain di Indonesia yang dipandang perlu.

Penjaminan Mutu

Dalam rangka meningkatkan mutu pembelajaran, dilaksanakan peningkatan kemampuan sdm dengan up aya peningkatan jenjang pendidikan bagi dosen dan karyawan. Disamping itu dibentuk pula badan penjamin mutu yang berfungsi mengawasi dan mengendalikan mutu pendidikan sehingga lulusan yang dihasilkan memenuhi standard kompetensi. Untuk itu setiap tiga tahun sekali dilaksanakan peninjauan kembali kurikulum dengan melibatkan unsur masyarakat, tokoh pendidikan tenaga kesehatan dan organisasi profesi (IBI). Dalam kegiatan pembelajaran dilengkapi dengan sertifikasi bahasa asing (Bahasa Inggris) dan Komputer. Penjaminan mutu dimaksudkan untuk mempersiapkan tenaga bidan yang profesional dan mandiri serta mampu bersaing baik di dalam maupun luar negeri.

Pembinaan Alumni

Agar tidak terputus hubungan antara alumni dengan almamater dan sebagai wujud tanggung jawab institusi terhadap alumni, dilaksanakan pembinaan alumni dengan dibentuk Ikatan Alumni POLTEKKES Permata Indonesia (IKAPPI). Kegiatan pembinaan tersebut berupa penyediaan sistem informasi alumni baik berupa bursa kerja maupun inventarisasi kesuksesan alumni.