Forum

Welcome Guest 

Show/Hide Header

Welcome Guest, posting in this forum requires registration.





Pages: [1]
Author Topic: Mengingat Kembali Kisah Mahasiswa di Bandung Kuasai Gedung DPRD Jabar pada Mei 1998
wawantono
Newbie
Posts: 4
Post Mengingat Kembali Kisah Mahasiswa di Bandung Kuasai Gedung DPRD Jabar pada Mei 1998
on: June 9, 2018, 03:02

Mantan aktivis mahasiswa di era reformasi, Oky Seiful R. Harahap, mengenang peristiwa Mei 1998, sebelum jatuhnya Presiden Soeharto kala ia menjadi koordinator komite aksi mahasiswa Unpad 1998.

Oky berkisah tentang peristiwa yang terjadi pada 20 tahun silam, tepatnya 18 Mei 1998. Ketika itu, demonstrasi mahasiswa semakin besar dalam menuntut Soeharto untuk lengser di berbagai wilayah kota di tanah air, termasuk di Kota Bandung.

Oky mengatakan, sejak Indonesia mengalami krisis ekonomi 1997, pemerintah saat itu mengatakan bahwa perekonomian baik-baik saja. Tetapi ada sekelompok mahasiswa Live Streaming Trans7 di Bandung ketika itu melakukan kajian ekonomi. Melalui kajian tersebut, mahasiswa mengetahui bahwa kondisi perekonomian Indonesia telah mengalami kolaps.

"Aksi turunkan harga pertama kali terjadi di Bandung," ujar Oky, di Pabukon Unpad, Jalan Raya Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Senin (21/5/2018), malam.

Oky menuturkan, pada Mei 1998, kelompok mahasiswa membuat posko di Kampus Unpad Dipati Ukur, Kota Bandung. Lantas, seluruh perguruan tinggi di Bandung bersatu berencana untuk menduduki kantor DPRD Jabar.

"Di posko, kami didatangi oleh TV Online Indonesia orang yang tidak dikenal. Untuk bilang tidak melaksanakan aksi. Tapi saya bilang tetap akan dijalankan. Bahkan saya juga sempat didatangi oleh beberapa orang dari pihak rektorat," ujar Oky.

Oky mengatakan, mahasiswa di Bandung kala itu tidak menyangka aksi yang mereka lakukan dan perjuangkan akan berakhir damai dan selamat. Soeharto pun lengser dari tampuk kepemimpinannya yang sudah dia duduki selama 32 tahun.

"Tentu saja kami tahu resikonya bisa di bui atau hilang. Tapi alur sejarah mengatakan kami lah pemenangnya," katanya.

Pages: [1]
Mingle Forum by cartpauj
Version: 1.0.33.2 ; Page loaded in: 0.031 seconds.