PEMILIHAN KOMPRES SAAT ANAK DEMAM

Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh manusia yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri maupun parasit dan suhu diatas 37oC. Bagian otak kita yang berfungsi sebagai pengontrol suhu tubuh adalah hipotalamus. Saat tubuh mengalami gangguan dari penyakit atau virus tertentu maka hipotalamus akan meningkatkan suhu tubuh kita untuk meningkatkan sistem kekebalan dalam memerangi infeksi tersebut. Suhu normal pada mulut 33,2 – 38,2 o C dan suhu normal pada ketiak adalah 35,5 – 37 oC. Saat demam tubuh membutuhkan cairan hingga 1,5 kali dari kebutuhan normal.

Jika Buah hati kita demam jangan panik, beri pertolongan pertama dengan kompres. Berikut ini jenis-jenis kompres yaitu :

  1. Kompres dingin (air dingin/es), cara ini kurang disarankan karena kompres ini hanya menurunkan demam sesaat tetapi akan menimbulkan demam lebih tinggi lagi.
  2. Kompres Hangat (air hangat), cara ini di sarankan dan di anjurkan karena sesuai dengan suhu tubuh, membuat anak lebih nyaman dan hampir 90% berhasil dalam menurunkan demam.
  3. Kompres Alkohol, cara ini tidak disarakan karena dapat menimbulkan efek toksik/keracunan pada anak.

Jadi pilihan terapi untuk mengatasi demam pada anak adalah dengan mengkompres dengan air hangat, istirahat dan banyak minum air putih.

Comment



Leave a Reply