ICIP-ICIP MINUMAN GRATIS SEPUASNYA

farmasiPagi masih buta, jam menunjukkan pukul 05.13 WIB, burung-burung masih juga enggan bercicit cuit. Tapi pagi itu, selasa 29 Januari 2013,  puluhan mahasiswa POLTEKKES Permata Indonesia telah berkumpul di halaman kampus, berpakaian rapi lengkap dengan jas almamater masing-masing. Peserta kunjungan lapangan kerja kali ini terdiri dari mahasiswa/i semester 1, 3 dan 5. Bersama 3 orang dosen pendamping pagi itu mereka akan melakukan kunjungan industri ke pabrik industri makanan, minuman dan obat tradisional berbasis ilmu kefarmasian. Dalam agenda mereka, hari itu akan mengunjungi Pabrik Teh Kemasan Sosro dan Pabrik Jamu Sido Moncul di Semarang Jawa Tengah.

Setelah semua peserta siap, segala piranti pendukung telah siap, dosen pendampingpun segera bergabung dengan mahasiswa, membagi diri dalam dua bus yang tersedia. Perjalanan dimulai menuju pabrik Jamu Sido Muncul yang terletak dibilangan Bergas-Klepu Semarang. Tepat pukul 10.00 WIB, rombongan diterima oleh Humas Sido Muncul (Bambang dan Maria). Setelahnya para peserta diajak berkeliling pabrik, melihat proses produksi Tolak Angin, masuk ke perpustakaan dan terakhir melihat laboratorium, juga berkunjung ke Taman Agro Wisata Sido Muncul, puas berkeliling para peserta kembali mendapat kesempatan icip-icip jamu gratis sepuasnya. Sebelum beranjak mereka kembali mendapat tanda mata, berupa bingkisan paket minuman gratis.

Perlahan peserta bergerak menuju tujuan kedua, kali ini ke Pabrik Jamu Sido Muncul yang terletak dibilangan Ungaran Semarang. Rombongan disambut oleh Humas Teh Sosro (Cantia) lengkap dengan welcome drink-nya. Setelah mendapatkan penjelasan seputar sejarah dan profil perusahaan, para peserta diajak melihat gudang penyimpanan bahan baku, lalu melihat proses produksi teh sosro. Jam 16.00, rombongan undur pamit sekaligus menenteng pupuk kompos yang terbuat dari limbah daun teh, tanda mata dari Teh Sosro.

Kegiatan kunjungan industri ini adalah rangkaian dari proses perkuliahan mahasiswa. Menurut Rahma Aliya, S.Farm, Apt. (Ketua Program Studi D3 Farmasi POLTEKKES Permata Indonesia) kegiatan ini ditujukan untuk membuka wawasan mahasiswa, bahwa lowongan kerja untuk lulusan D3 Farmasi terbuka luas. Selain di layanan kesehatan seperti Toko Obat, Apotik dan Rumah Sakit, mereka juga dibutuhkan di industri makanan, minumun dan obat tradisional.

Sementara itu, Chinthia Sari, S.Si, Apt. selaku penanggung jawab kegiatan menuturkan, kegiatan ini juga sebagai ajang penerapan teori di kelas dan pengenalan lapangan kerja bagi mahasiswa. “Tujuan lainnya, ya refreshing lah” timpal Diana Agustin S.Farm. Apt., dosen pendamping lainnya.

==========

Oleh Suryadin Laoddang

Bagian ICT Poltekkes Permata Indonesia

 

Comment



Leave a Reply