ILMU AMALIYAH, AMAL ILMIYAH; Sambutan Ketua Yayasan Keluarga Sejahtera Pada Wisuda 2012

Sambutan Ketua Yayasan Keluarga Sejahtera Pada Wisuda DIPLOMA III

POLTEKKES Permata Indonesia 2012

ILMU AMALIYAH, AMAL ILMIYAH

GRHA SARINA VIDI, 25 September 2012

 

Yang terhormat

Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Kepala Dinas Kesehatan Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Koordinator KOPERTIS Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta

Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta (APTISI) DIY

Organisasi Profesi IBI, PAFI dan PORMIKI Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta

Para Pimpinan Lembaga dan Institusi Mitra POLTEKKES Permata Indonesia

Direktur POLTEKKES Permata Indonesia

Para Orang Tua, Orang Tua Asuh, Donatur, dan pemberi Beasiswa yang saya banggakan

Para Wisudawan/Wisudawati yang berbahagian serta hadirin sekalian.

Pada kesempatan yang berbahagia ini saya, atas nama Keluarga Besar Yayasan Keluarga Sejahtera yang memayungi Rumah Sakit Ibu Anak Permata Bunda, Apotik Permata Bunda, Apotik Wijaya Kesuma dan POLTEKKES Permata Indonesia mengucapkan selamat kepada para wisudawan-wisudawati program diploma tiga atas keberhasilannya menyelesaian studi di POLTEKKES Permata Indonesia. Kepada orang tua, orang tua asuh, donator, penyedia beasiswa dan keluarga wisudawan-wisudawati saya turut bersyukur, berbahagia dan sekali lagi mengucapkan selamat atas keberhasilan mereka, anak-anak kita semua. Tak lupa dan tak kalah pentingnya adalah ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh staf pengajar dan staf non akademik POLTEKKES Permata Indonesia atas kerja keras dan kerjasamanya dalam melaksanakan tugas mendidik dan melayani mahasiswa kita hingga mereka berhasil menyelesaikan studinya, diwisuda pada pagi hari yang berbahagia ini.

Para wisudawan-wisudawati yang saya banggakan

Seorang sarjana adalah insan pengetahuan. Di tengah-tengah masyarakat, seorang sarjana memiliki kemampuan yang terdepan dan khusus dikarenakan kompetensi akademik yang dimilikinya. Para sarjana telah mendapatkan kesempatan yang istimewa untuk mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran secara terstruktur dan sistematik di kampus. Selain itu mereka juga memiliki kehandalan, kecakapan dan kecekatan setelah melalui proses latihan yang berulang di laboratorium, lahan praktek dan ditengah masyarakat. Kampung, lahan praktek dan lingkungan masyarakat  dibangun dan dipelihara untuk menopang perkembangan pengetahuan ilmiah, menopang proses pendidikan dan pembelajaran serta mengasah kemampuan praktikal para mahasiswa.

Didalam kampus, seorang mahasiswa dilatih untuk mengantisipasi, merespon dan menjawab masalah. Di lahan praktek, seorang mahasiswa dilatih untuk melakukan tindakan preventif, merespon dan mengambil tindakan terhadap sebuah masalah. Mahasiswa belajar dan terlatih untuk menghadapi itu semua dengan pengethuan ilmiah dan tatacara ilmiah. Disanalah POLTEKKES Permata Indonesia berperan, membekali mahasiswa dengan ilmu ilmiah terkini dan menyakinkan mereka telah memiliki kehandalan, kecakapan dan kecekatan. Kesemuanya itu berujung pada pengabdian untuk membangun masyarakat yang madani. Inilah yang kami sebut, ilmu amaliah, amal ilmiah.

Para wisudawan-wisudawati dan hadirin yang saya banggakan.

Sederhananya, ilmu amaliyah dan amal ilmiyah yang kami maksud adalah para mahasiswa dan mahasiswa dalam menuntut ilmu melandaskannya pada niatan untuk mengabdikan yang didapatkannya kepada masyarakat luas kelak. Selanjutnya setelah lulus dan bekerja maka pekerjaannya nanti dipelakukan sebagai sebuah ibadah, kerja dan pengabdiannya harus berlandaskan pada ilmu dan keterampilan yang ilmiah, up todate dan berbasis tekhnologi. Dengan ilmu amaliah dan amal ilmiah maka cita-cita membentuk masyarakat yang madani tentu segera terwujud.

Para wisudawan-wisudawati dan hadirin serta tamu undangan yang saya banggakan.

Akhirnya, saya ucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati. Semoga hari ini dan esok Anda semua adalah motor penggerak perubahan di tengan masyarakat kita, masyarakat Indonesia yang harus kita layani.

Sekian

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

 

Yayasan Keluarga Sejahtera

 

 

DR. Alimatus Sahrah, M.Si., MM

Ketua

Comment



Leave a Reply