SAMBUTAN DIREKTUR POLITEKNIK KESEHATAN PERMATA INDONESIA YOGYAKARTA DALAM WISUDA 2012

SAMBUTAN DIREKTUR

POLITEKNIK KESEHATAN PERMATA INDONESIA

YOGYAKARTA, TAHUN 2011

Assalamu’alaikum Wr.wb.

Salam Sejahtera Bagi Kita Semua

Om Swastiastu…

 

Yang terhormat:

  • Bapak Koordinator Kopertis Wilayah V Propinsi DIY
  • Kepala Dinas Kesehatan Propinsi DI. Yogyakarta
  • Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta.
  • Ketua IBI Propinsi DIY
  • Ketua PORMIKI Propinsi DIY
  • Ketua PAFI Propinsi DIY
  • Pimpinan PTN dan PTS di Wilayah Yogyakarta
  • Ketua dan Jajaran Yayasan Keluarga Sejahtera
  • Civitas Akademik Politeknik Kesehatan Permata Indonesia
  • Bapak Pemuka Agama dari Kementrian Agama Kab.Sleman
  • Para Wisudawan wisudawati yang berbahagia
  • Para undangan serta seluruh hadirin yang mulia serta keluarga yang berbahagia.

 

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan Rahmat, hidayah dan Inayahnya serta memberikan kesehatan kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul bersama dalam acara wisuda perdana Poltekkes Permata Indonesia Yogyakarta. Pada kesempatan yang berbahagia ini, perkenankan terlebih dahulu saya atas nama pimpinan dan seluruh civitas akademik Politeknik Kesehatan Permata Indonesia Yogyakarta mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati pendidikan tinggi Diploma Tiga Program Studi Kebidanan, Farmasi dan Rekam Medis & Informasi Kesehatan  yang telah menyelesaikan studi di Poltekkes Permata Indonesia Yogyakarta

Bapak ibu para hadirin yang saya hormati,

Pada kesempatan ini ijinkan saya dan seluruh civitas akademik POLTEKKES Permata Indonesia mengucapkan terimakasih kepada: Ketua dan pengurus Yayasan Keluarga Sejahtera, Koordinator Kopertis Wilayah V Propinsi DIY, Kepala Dinas Kesehatan Propinsi DIY, Kepala Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, Organisasi Profesi IBI, PAFI dan PORMIKI Propinsi DIY, Para mitra kerja, baik RS, BPS, APOTIK serta semua pihak yang tidak mungkin dapat kami sebutkan satu demi satu, atas segala bimbingan, bantuan dan kerjasamanya baik yang telah terjalin selama ini. Kedepan, tentu kita berharap kerjasama ini dapat terus kita tingkatkan. Ucapan terimakasih ini juga tak lupa saya sampaikan kepada mahasiswa – mahasiswa yang berprestasi secara langsung dan tak langsung yang mana turut mengharumkan nama POLTEKKES Permata Indonesia. Prestasi – prestasi tersebut, tentu akan kita jadikan pemicu mahasiswa agar lebih baik dan berprestasi lagi.

Hadirin, wisudawan dan wisudawati yang berbahagia;

Kelulusan merupakan proses awal perjalanan mahasiswa didalam menghadapi dunia kerja, karena dengan adanya undang –undang Permenkes No. 1796 Tahun 2011 tentang Registrasi Tenaga Kesehatan. Setiap mahasiswa yang dinyatakan lulus harus melaksanakan uji kompetensi untuk mendapatkan Surat Tanda Regristrasi(STR). STR adalah bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah kepada tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat kompetensi. Semuai program dari DIKTI setiap institusi pendidikan harus memberikan materi tentang pendidikan berkarakter dan pendidikan anti korupsi, untuk itu Saya berharap kepada semua alumni POLTEKKES Permata Indonesia harus mempunyai karakter sebagai tenaga kesehatan, dengan salah satu tujuan untuk dapat meningkatkan pelayanan kesehatan di Indonesia.

Pada Kurikulum pembelajaran di tempat kami selain pengetahuan /teori, kami juga memberikan praktik terdiri dari pembelajaran praktik laboratorium dan pembelajaran kegiatan praktik lapangan. Pembelajaran kegiatan praktik lapangan merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari sistem program pengajaran serta merupakan wadah yang tepat untuk mengaplikasikan pengetahuan (kognitif), sikap (afektif) dan keterampilan (psikomotor). Dalam pengelolaan pendidikan Kesehatan masih ditemukan berbagai kendala terutama dalam pengelolaan kegiatan praktik antara lain; belum adanya kesamaan persepsi tentang proses pembelajaran praktik antara institusi pendidikan dengan pengelola lahan praktik, kuantitas maupun kualitas Pembimbing praktik dan Pembimbing Lapangan kurang memadai, serta jumlah institusi pendidikan yang tidak sesuai dengan ketersediaan lahan praktik sehingga pembelajaran praktik kurang efektif yang akhirnya kompetensi mahasiswa tidak tercapai.  Alhamdulillah banyak mahasiswa – mahasiswa kami yang mau lulus tahun ini sudah banyak yang memesan untuk bekerja di RS, hal itu bisa dibuktikan dengan adanya surat  perhomonan lulusan /alumni untuk semua prodi di Poltekkes Permata Indonesia Yogyakarta.

Hadirin, wisudawan dan wisudawati yang berbahagia;

Sekali lagi dalam kesempatan yang berbahagia ini, ijinkanlah saya mengucapkan selamat berbahagia atas wisuda anda semua, teriring doa semoga anda sukses didalam menempuh kehidupan dimasa yang akan datang.

Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan nikmat-Nya kepada kita semua….amin

Terimakasih,

Billaahit taufiq wal hidayah, wassalamu’alaikum Wr.wb.

 

Yogyakarta, 25 September 2012

Direktur POLTEKKES Permata Indonesia

 

Ery Rustiyanto, SKM., M.Kes(Epid)

NPP.2006.200679.11.007

Comment



Leave a Reply