PESERTA MEMBLUDAK; Dari Seminar Nasional Rekam Medis POLTEKKES Permata Indonesia Yogyakarta

Hingga acara dimulai peserta seminar  Penerapan Akreditasi Baru pada Sarana Pelayanan Kesehatan untuk Rekam Medis dan Informasi Kesehatan masih terus berdatangan. Peserta membludak, satu persatu peserta seminar masih terus berdatangan. Pukul 08.17 di meja registrasi, sudah 421 peserta yang mendaftar. Peserta berasal dari kalangan Mahasiswa dan Dosen Rekam Medis, para perekam medis berbagai Puskesmas, Rumah Sakit Pemerintah dan swasta se-DIY-JATENG. “Seminar rekam medis memang jarang dilakukan, jadi begitu ada yang menyelenggarakan maka dipastikan peminatnya pasti banyak, apalagi seminar ini adalah seminar nasional berlabel 2 SKP, bahkan ada peserta yang datang dari Bandung” tutur Nindha Yunia yang bertindak sebagai ketua panitia pada ajang seminar nasional ini.

Keberadaan point SKP (Satuan Kredit Point) pada selembar  sertifikat dalam sebuah seminar belakang memang menjadi daya tarik sebuah seminar, seminar berlabel SKP biasanya menjadi buruan peserta seminar sebagai prasyarat jenjang karir bagi peserta yang bekerja sebagai pengawai negeri sipil, pegawai instansi swasta hingga para dosen.

Haryanti, salah satu peserta menuturkan “seminar ini penting bagi saya, karena tuntutan kinerja dimana puskesmas kini dituntut untuk terus memberi pelayanan prima kepada masyarakat, salah satu tolak ukur layanan prima tersebut adalah adanya akreditasi, maka seminar ini wajib bagi saya” pungkas gadis yang sehari-harinya berdinas sebagai perekam medis di Puskesmas Berbah

Seminar nasional ini terselenggara atas kerjasama  Politeknik Kesehatan Permata Indonesia dengan Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Menghadirkan pembicara dr. Ahmad Hardiman, SpKJ. MARS dengan materi seminar “Pengenalan Akreditasi (JCI) pada Rumah Sakit”, disusul dr. Nugrahaningtya W Utami, M.Kes  serta Siswanti, Amd. Perkes., SKM., MKM. Masing-masing dengan materi berjudul “Akreditasi Puskesmas menurut Departemen Kesehatan” dan “Peran Perekam Medis  dalam Persiapan Akreditas Baru pada Sarana Pelayanan Kesehatan.

Bertempat di Audiotorium Rumah Sakit  Panti Rapih Yogyakarta, seminar dipandu oleh Ignatia Dian Tripitasari, Amd. Perkes., SKM (Dosen POLTEKKES Permata Indonesia Yogyakarta). Di sela-sela dan akhir seminar panitia juga menyediakan berbagai door prize bagi para peserta. (Yk,1/7/12,SL)

 

 

Comment



Leave a Reply